Loading color scheme

Cara menuju ke Kepulauan Togean
Dilihat: 2675
Kepulauan Togean tidak memiliki bandar udara, tetapi bandara  udara terdekat berada di daratan utama yaitu Ampana di selatan, Gorontalo di utara, dan Luwuk di Bagian Tenggara. Dari setiap Bandara ini perjalanan untuk mencapai Kepulauan Togean dilakukan melalui laut dari Pelabuhan laut. Khusus dari Bandara Luwuk Anda harus melakukan perjalanan darat selama 1 jam  mencapai pelabuhan Pagimana.

Penerbangan ke Ampana dilakukan hanya dari Bandara di Palu sehingga semua penerbangan dari Kota manapun seperti Jakarta, Makassar, Balikpapan, Bali dan Surabaya harus melakukan transit di Bandara Palu. Wings Air sebagai satunya maskapai yang melayani rute Palu-Ampana terbang setiap hari pergi-pulang di hari yang sama dengan durasi sekitar 35 menit. Dan sebaliknya untuk meningglkan Ampana melalui udara, dilakukan dengan selalu transit di Bandara Palu. Selanjutnya penerbangan dilanjutkan ke kota tujuan berikutnya seperti Palu-Jakarta, Palu-Surabaya, Palu-Balikpapan/Surabaya/Jakarta, Palu-Makassar-Bali/Jakarta/Surabaya/Ambon.

Sayangnya, jadwal keberangkatan/kedatangan kapal-kapal Togean-Ampana dan jadwal kedatangan/keberangkatan pesawat udara membuat Anda harus menginap 1 malam di Ampana (kecuali jika menyewa/charter speadboad). Kedatangan pesawat di sore hari terlambat untuk dapat melanjutkan dengan kapal ke Togean yang berangkat pagi jam 10, dan kedatangan kapal di Ampana sore terlambat untuk dapat melanjutkan perjalanan dengan pesawat yang berangkat pagi di hari yang sama.

(untuk sementara waktu, penerbangan ke Ampana belum tersedia karena maskaipai dimaksud telah menghentikan sementara rute ini sehingga mencapai Ampana dilakukan melalui transportasi darat).

Adapun penerbangan ke Gorontalo dapat dilakukan langsung dari Jakarta, Makassar, Surabaya, Toli-toli, Luwuk, atau Manado. Jika melalui Gorontalo, Anda harus memastikan kedatangan pesawat berdekatan dengan jadwal keberangkatan kapal ke Togean yang lebih jarang dibandingkan dengan dari Ampana.

Melalui laut

Untuk masuk melalui laut, terdapat dua titik masuk utama, yaitu Gorontalo dari utara dan Ampana dari selatan. Sebagai perbandingan, Gorontalo lebih mudah dicapai dengan penerbangan dari Makassar atau Manado, tetapi jaraknya ke Togean kira-kira dua kali lipat (lebih dari 100 kilometer versus 40 kilometer) dibandingkan dengan Ampana. Jadwal kapal dari Gorontalo lebih jarang dibandingkan dari Ampana. Ampana memiliki koneksi penerbangan langsung ke Palu (dan seterusnya ke Makassar dan Jakarta) tetapi sebaliknya dekat dengan satu hari perjalanan darat dari Rantepao di Tana Toraja dan dua hari perjalanan darat dari Makassar.

Dari / ke Gorontalo
Tuna Tomini berangkat dari Gorontalo pada hari Selasa dan Jumat pukul 17:00 tiba di Wakai pada pukul 06:00 hari berikutnya. Di arah sebaliknya, ia meninggalkan Wakai pada hari Senin dan Kamis pukul 16:00 dan tiba di Gorontalo pukul 05:00 pagi berikutnya. Either way ongkos ekonomi adalah 73.000 rupiah untuk orang dewasa, dan kelas bisnis adalah 89.000 rupiah. Jika Anda dapat menjerat kabin empat tempat tidur (dua set ranjang) itu adalah tambahan 400.000-500.000 rupiah. Kami tidur di geladak dan selamat.

Dari / ke Bumbulan
Pastikan untuk mengecek di Gorontalo (atau dengan resor Anda) jika ada kapal dari Bumbulan karena jaraknya sekitar 4-5 jam dari Gorontalo dengan mobil.

Cengkih Afo berangkat dari Bumbulan pada hari Minggu dan Kamis pukul 09:00, tiba di Dolong di Walea Kodi pada pukul 14:00. Kemudian Dolong pergi pada pukul 16:00 tiba di Ampana pukul 02:00 hari berikutnya. Di arah sebaliknya, ia meninggalkan Ampana pada hari Selasa dan Jumat pukul 21:00, tiba di Dolong pukul 07:00 pagi berikutnya kemudian berangkat lagi pukul 08:00 dan tiba di Bumbulan pukul 13:00. Either way ongkos ekonomi adalah 22.000 rupiah untuk orang dewasa, dan kelas bisnis adalah 35.000 rupiah.

Dari / ke Ampana
Sekarang karena Ampana memiliki bandara dengan koneksi penerbangan ke Palu (dan selanjutnya ke Makassar dan Jakarta), maka Ampana adalah gerbang pilihan ke Kepulauan Togean dengan beberapa pilihan feri dan speedboat untuk dipilih, seperti:
Kapal Mulia Puspita Sari Ampana ke Togean, berangkat pada hari Senin, Rabu dan Sabtu. Berangkat Ampana pukul 10:00 tiba di Wakai pukul 14:00, Katupat pukul 16:00, Malenge pukul 17:15, Popolii pukul 19:15 dan Dolong pukul 20:30. Di arah kembali, ia meninggalkan Dolong pada hari Senin, Rabu dan Sabtu pukul 22:00 tiba di Popolii pukul 22:45 dan Malenge pukul 23:00 di mana ia tetap tertambat sampai pukul 05:30 (Anda dapat tidur di atas kapal) ketika kemudian berangkat ke Katupat, tiba di sana pukul 06:30, kemudian Wakai pukul 08:00 dan Ampana pukul 14:00. Waktu-waktu ini selain dari waktu keberangkatan awal hanya merupakan perkiraan dan tunduk pada kondisi cuaca. Ampana Express, ongkosnya adalah Wakai 65.000 rupiah, Katupat 70.000 rupiah, Malenge 75.000 rupiah dan Popolii dan Dolong 80.000 rupiah.

 

Jika Anda sedikit terburu-buru, kapal cepat Wamburabura melayani rute yang hampir sama dengan waktu sekitar enam jam lebih cepat. Dari Ampana, ia berangkat pada hari Minggu, Selasa dan Kamis. Berangkat Ampana pukul 10:00 tiba di Wakai pukul 12:00, Katupat pukul 13:00, Malenge pukul 13:30, Pulau Papan pukul 13:45, Popolii pukul 14:15 dan Dolong pukul 14:30. Di arah sebaliknya, ia meninggalkan Dolong pada hari Senin, Rabu dan Jumat pukul 06:30 tiba di Popolii pukul 06:45, Pulau Papan pukul 07:15, Malenge pukul 07:30, Katupat pukul 08:00, Wakai pukul 08:30 dan Ampana pukul 11:00. Waktu-waktu ini, selain waktu keberangkatan awal, hanya perkiraan dan tunduk pada kondisi cuaca. Ex Wakai, ongkosnya adalah Wakai 90.000 rupiah, Katupat 100.000 rupiah, Malenge 110.000 rupiah, Pulau Papan 110.000 rupiah dan Popolii dan Dolong 120.


Yang penting, baik Puspita Sari maupun Wamburabura tidak akan berhenti di Bomba atau resor di barat Wakai, jadi Anda harus turun di Wakai dan mundur jika Anda menggunakan salah satu layanan ini, atau menggunakan salah satu layanan speedboat (lihat di bawah ).

Ada dua layanan speedboat yang beroperasi antara Ampana dan Wakai, Cahaya Manakara dan Hercules. Hercules meninggalkan Ampana pada pukul 09:00 dan Cahaya Manakara pergi pada pukul 13:00. Setiap layanan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapai Wakai dan sekitar setengahnya untuk mencapai resor di sekitar Bomba. Di arah sebaliknya, Hercules meninggalkan Wakai pukul 13:00 dan Cahaya Manakara berangkat pukul 09:00. Kedua layanan ini membebankan biaya 130.000 rupiah sekali jalan - terlepas dari di mana Anda turun. Keduanya akan turun di Bomba Divers, Poya Lisa dan Island Retreat. Untuk Poki Poki minta diturunkan di Bomba Divers dan mereka akan menjemput Anda dari sana (pengaturan sebelumnya disarankan).

Di musim ramai, speedboat ini cepat penuh sehingga disarankan untuk memesan tiket sehari atau lebih sebelumnya. Jika penuh atau tidak singgah untuk menjemput Anda, sebuah carteran ke Ampana dapat dikenakan biaya lebih dari 1.000.000 rupiah (tergantung dari mana Anda berasal). Ketika cuaca buruk, mereka beroperasi— sering berhari-hari.

Jadwal tiba speedboat di Ampana lebih lambat dari jadwal penerbangan ke Palu, jadi jika Anda ingin terbang keluar, Anda harus bermalam di Ampana.

Terakhir ada layanan kargo reguler antara Bomba dan pelabuhan Labuhan di sebelah timur Ampana, berangkat dari Labuhan pada hari Minggu, Selasa dan Jumat pukul 09:00 dan tiba di Bomba pukul 12:00; dalam arah sebaliknya, mereka meninggalkan Bomba pada hari Senin, Kamis dan Sabtu pukul 09:00, tiba di Labuhan sekitar pukul 12:00.

Dalam praktiknya, kapal ini berangkat setiap hari, dengan terkadang tiga atau empat kapal berangkat setiap hari. Tanyakan di Ampana atau di wisma Anda di Togeans untuk mendapatkan informasi terbaru dalam hal ini; jangan mengandalkan mereka setiap hari jika Anda berencana dari jauh. Tarifnya adalah 35.000 rupiah. Ingatlah bahwa layanan ke dan dari Labuhan berfungsi ganda sebagai layanan kargo dan Anda mungkin menghabiskan banyak waktu (seperti berjam-jam) menunggu kapal dimuat dan diturunkan..

Jadwal kapal 


 

Dari / ke Una Una

Jalur akses ke Una Una bukanlah Gorontalo atau Ampana, melainkan Wakai. Sebuah kapal umum berangkat dari Wakai ke Una Una pada hari Minggu, Selasa dan Jumat, meninggalkan Wakai pukul 08:00 dan tiba di Una Una pukul 11:00. Di arah sebaliknya, ia meninggalkan Una Una pukul 07:00 dan masuk ke Wakai pukul 10:00. Tarif di kedua arah adalah 35.000 rupiah.

Lain

Jika Anda menuju selatan lebih jauh ke Sulawesi Tengah dan Selatan, Anda harus pergi melalui Ampana. Contoh tujuan dari Ampana meliputi:

Luwuk: Sebuah minivan berangkat setiap hari pada pukul 08:00, memakan waktu tujuh jam dan seharga 150.000 rupiah.
Makassar: Berangkat setiap hari pada pukul 23:00, memakan waktu sekitar 30 jam dan menelan biaya 280.000 rupiah. Bus ini berjalan melalui Tentena, Pendolo dan Palopo. Jika Anda berencana melakukan ini dalam satu pukulan, kami sarankan untuk mempertimbangkan terbang ke Makassar melalui Palu karena harga tiket pesawat cukup terjangkau jika dipesan sebelumnya.
Palu: Berangkat setiap hari pada pukul 10:00 dan 17:00, memakan waktu 10-12 jam dan menelan biaya 150.000 rupiah.
Poso: Berangkat setiap hari pada pukul 10:00 dan 17:00, memakan waktu empat jam dan seharga 85.000 rupiah.

Jika menuju utara ke Manado dan Bunaken, Anda harus pergi melalui Gorontalo, yang memiliki koneksi penerbangan dan bus ke Manado, meskipun banyak yang memilih untuk menyewa Kijang daripada naik bus.

Menuju ke resort Anda

Jika Anda telah membuat reservasi, resor Anda mungkin menjemput Anda di desa yang paling nyaman bagi mereka — mereka harus memberi tahu Anda dimana dan mereka mungkin memerlukan tinggal minimum untuk menjemput Anda secara gratis. Jika Anda tidak memiliki reservasi, mereka memiliki kapal di sana untuk menjemput penumpang dari feri. Jika penjemput dari resot tidak ada, Anda selalu dapat menawarkan untuk membayar perahu lokal untuk membawa Anda ke resort. Charter perahu, terutama jika Anda adalah satu-satunya penumpang, bisa mahal.

Pada dasarnya akomodasi di Togean dibagi menjadi beberapa kelompok.
1) Resor paling barat (jadi Island Retreat, Poya Lisa, Poki Poki, Bomba Divers) menggunakan layanan speedboat dari Ampana.
2) Resor apa pun di Kadidiri, melalui Wakai (baik dari Gorontalo atau Ampana).
3) Resor di dekat Katupat, Malenge, dan Walea Kodi (sampai ke Dolong atau Popolii), layanan dari Ampana lebih baik daripada Gorontalo karena Anda akan lebih dekat ke arah yang Anda tuju sebelum Anda harus berurusan dengan charter. Di musim ramai, ketika mereka kemungkinan besar akan menjadi pelancong lain yang menuju pulau Anda, itu tidak terlalu buruk karena Anda dapat berbagi tarif, tetapi di musim sepi, biaya sewaan dapat dengan mudah mencapai 600.000 dari Wakai ke Malenge (misalnya), lebih lanjut masih ke Walea Kodi.

Menjelajahi
Perahu umum antarpulau lokal tidak terlalu nyaman. Misalnya, jika Anda datang dari Malenge atau Katupat dengan kapal umum dan ingin pergi ke Gorontalo dengan feri malam Tuna Tomini, Anda harus meninggalkan resor Anda pagi-pagi sekali dan kemudian berkeliaran sepanjang hari menunggu di Wakai ... dan tidak banyak yang bisa dilakukan di Wakai untuk menghabiskan waktu.

Untuk melewati pengaturan yang membosankan ini, banyak pelancong memilih untuk menyewa carter — baik melalui resor mereka, atau secara mandiri. Waktu yang dibutuhkan agak bervariasi tergantung pada kondisi dan ukuran / kekuatan kapal Anda, jadi ambil yang berikut ini sebagai perkiraan kasar. Harga di bawah ini untuk perjalanan satu arah dan seluruh kapal — ada beberapa ruang untuk tawar-menawar, terutama jika Anda hanya memiliki satu atau dua orang, sementara jika Anda memiliki empat atau lebih, harga dapat meningkat. 

Perhatikan juga kapal-kapal ini tidak memiliki jaket penyelamat dan pada malam hari sering tidak memiliki lampu navigasi apa pun.

Wakai ke Pantai Lia / Pulo Tiga: 900.000 rupiah 3,5-4 jam
Wakai ke Malenge Resorts: 500-600.000 rupiah 2-3 jam
Wakai ke Katupat Resorts: 400.000 rupiah 1-2 jam
Wakai ke Kadidiri Resorts: 100.000 rupiah 1 jam
Wakai ke Bomba Resorts: 500.000 rupiah 2-3 jam

Yah ... Selamat merencanakan perjalanan Anda.

Versi lainnya dapat dilihat di situs ini.

 

 

Leave your comments

Comments

We use cookies to improve our website and your experience when using it. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. To find out more about the cookies we use and how to delete them, see our privacy policy. By clicking "Agree" button, you accept cookies from this site and you give permission to use your personal data within the EU's General Data Protection Regulation (GDPR) To find out more about the cookies we use and how to delete them, see our privacy policy.

  I accept cookies from this site.
EU Cookie Directive plugin by www.channeldigital.co.uk